SATUAN RADIOAKTIF


Radioaktif adalah kesimpulan beragam proses di mana sebuah inti atom yang tidak stabil memancarkan partikel subatomik (partikel radiasi). Peluruhan terjadi pada sebuah nukleus induk dan menghasilkan sebuah nukleus anak. Ini adalah sebuah proses acak sehingga sulit untuk memprediksi peluruhan sebuah atom. Satuan internasional (SI) untuk pengukuran peluruhan radioaktif adalah becquerel (bq).


  1. Curie(ci) dan becquerrel (bq) curie dan bequerrel adalah satuan yang dinyatakan untuk menyatakan keaktifan yakni jumlah disintegrasi (peluruhan) dalam satuan waktu. Dalam sistem satuan SI, keaktifan dinyatakan dalam bq. Satu bq sama dengan satu disintegrasi per sekon. 1bq = 1 dps dps = disintegrasi per sekon satuan lain yang juga biasa digunakan ialah curie. Satu ci ialah keaktifan yang setara (aktivitas) dari 1 garam radium, yaitu 𝟑×〖𝟏𝟎〗^𝟏𝟎 dps.  1 ci = 𝟑×𝟏𝟎^𝟏𝟎 dps = 𝟑×𝟏𝟎 ^𝟏𝟎 bq
  2. Gray (gy) dan rad (rd) gray dan rad adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan keaktifan yakni jumlah (dosis) radiasi yang diserap oleh suatu materi. Rad adalah singkatan dari 11 radiation absorbed dose. Dalam sistem satuan SI, dosis dinyatakan dengan gray (gy). Satu gray adalah absorbsi 1 joule per kilogram materi.
    1 gy = 1 J/kg s
    atu rad adalah absorbsi 10^−3 joule energi/gram jaringan.
    1 rd = 10^−3 J/g
    hubungan grey dengan rad
    1 gy = 100 rd

0 komentar:

Posting Komentar